Monday, March 26, 2012

Kota Ekstrim di Spanyol


 
Kota kota masa lalu sebagian dibangun dengan pertimbangan faktor pertahanan keamanan. Dimasa aman seperti saat kini kota di Spanyol ini masih tetap ada dan masih ada denyut kegiatan penduduknya. Kota ini termasuk kota yang ekstrim.Kota dibangun diatas tebing curam dengan kedalaman 100 meter, lokasinya berada di pegunungan 750 meter diatas permukaan laut. 
Terletak di Andalusia, di sebelah
barat laut kota Malaga negara Spanyol, kota ini berada di pegunungan Serrania Ronda de. Kota ini juga berhadapan dengan kota lain El Tajo yang dipisahkan oleh jurang dengan 3 jembatan untuk melintasinya. Karena terletak dikawasan pegunungan, maka para wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang indah.
Jembatan setinggi 98 meter itu terbuat dari batu dan memang sudah ada sejak jaman kerajaan Romawi. Tapi sayangnya, jembatan indah yang merupakan peninggalan sejarah itu sering digunakan untuk bunuh diri.
Pada bibir jurang terlihat gedung-gedung yang digunakan sebagai pemukiman penduduk. Disana juga ada mesjid peninggalan bangsa Arab yang sekarang dialih fungsikan menjadi gereja ‘Saint Mary’.
Diabad ke-18 adu Banteng di kota Ronda sangat terkenal, terbukti dengan adanya arena adu banteng tertua di Spanyol ‘Plaza de Toros’. Di Ronda juga ada keluarga matador yang terkenal, yaitu keluarga Romerovych.
Salah satu anggota keluarganya Pedro Romero berhasil mengalahkan 5 ribu ekor banteng tanpa cedera sedikitpun. Keberaniannya pun diabadikan dengan dibuatkannya museum adu banteng yang letaknya tak jauh dari Istana Palacio de Mondragon.
Alun-alun de Toros de Ronda dahulu juga dipakai untuk mengadakan pertandingan adu banteng, tapi sekarang dimanfaatkan sebagai tempat wisata paling populer di kota ini. Dengan arena berdiameter 66 meter dan barisan kursi penonton sebanyak lima baris, tempat ini juga sering dijadikan latar untuk film layar lebar atau kebutuhan visual lainnya. Video klip lagu ‘Take a Bow’ milik Madonna juga mengambil tempat ini sebagai latarnya.
Kota Rondo juga memiliki banyak situs-situs dari Andalusia yang sudah hilang tergerus zaman. Namun, tidak sedikit pula situs peninggalan sejarah Andalusia yang belum terungkap.

No comments:

Post a Comment