Thursday, May 24, 2012

10 Bangunan Berthema Unik yang Eksotis di Dunia

r1
Cubic Houses, Rotterdam, Belanda

Bangunan di kota pada umumnya monoton sesuai dengan model bangunan jaman dulu (retro klasik), modern, superblok  dan sebagainya. Beberapa pemilik gedung, ada yang ingin tampil beda agar dapat menjadi pusat perhatian, mudah dikenang dan mengurangi model yang cenderung monoton di di suatu kota .
Arsitektur modern telah memberikan banyak bangunan yang menakjubkan di dunia.


Bentuk unik, desain ambisius, bahan-bahan baru, dan gaya yang berbeda telah diterapkan arsitektur modern dalam konstruksi bangunan saat ini. Berikut ini kita simak 10 gedung dengan model yang bertema unik dan menonjol perbedaannya dengan yang lain.


1. Cubic Houses, Rotterdam, Belanda
Piet Blom punya ide rumah kubik di tahun 1970. Ada beberapa gedung yang dibangun di Helmond dan ketika kota Rotterdam memintanya untuk membangun perumahan di atas sebuah jembatan penyeberangan ia memilih konsep ini.


2. Dancing Building, Praha, Republik Ceko


Dancing+House+1
‘Dancing Building’ adalah julukan yang diberikan kepada Nationale-Nederlanden bangunan yang terletak di pusat kota Praha. Dirancang oleh arsitek Ceko Kroasia-Vlado Milunić bekerjasama dengan Frank Gehry ,bangunan selesai pada tahun 1996. .



3. Ufo House, Sanjhih, Taiwan


r3


Rumah Ufo di Sanjhih, Taiwan sebenarnya merupakan proyek resor . Bangunan Ini mendapat julukan Ufo karena desain futuristiknya yang aneh.


4. Kansas City Public Library, Missouri, Amerika Serikat


r4
Sebagai daya tarik agar masyarakat mau mengunjungi perpustakaan, maka gedung tersebut yag ada di pusat kota Kansas disdesain dalam bentuk buku yang berjejer,.Gedung ini mencitrakan sebuah bangunan yang cocok untuk menyimpan buku.



5. Ferdinand Cheval Palace, Prancis


r5


Istana Ferdinand Cheval dibangun oleh seorang tukang pos di Hauterives, Perancis, yang dimaksudkan untuk menggunakan sebagai kuburannya sendiri, tetapi belum mendapatkan ijin untuk itu. Bangunan ini kini jadi terkenal di seluruh dunia.


6. Forest Spiral Hundertwasser Building, Darmstadt, Jerman


r6forest
Hutan Spiral Hundertwasser dibangun pada tahun 2000. Dirancang oleh seorang arsitek dan pelukisAustria, Friedensreich Hundertwasser.Bangunan ini memiliki 105 apartemen dan fitur warna-warni dan desain organik.



7. Guggenheim Museum, Bilbao, Spanyol


r7spain


Nervion Guggenheim Museum adalah museum seni modern dan kontemporer yang dirancang oleh arsitek Amerika-Kanada Frank Gehry. Siluet bangunan menyerupai kapal ,desainnya yg acak, menurut arsiteknya untuk menangkap cahaya sebanyak mungkin.


8. Baha’i House of Worship alias Lotus Temple, Delhi, India


r8delhi

Rumah Ibadah Baha’i kebanyakan dikenal sebagai Lotus Temple dibangun pada tahun 1986 dan merupakan Kuil Ibu dan anak di benua India. Bangunan ini terbuka untuk orang-orang dari semua agama.



9. Ripley’s Building, Air Terjun Niagara, Ontario, Kanada


r9ripley


Dikenal untuk tempat pengumpulan hal-hal aneh dan artefak  yang sulit dipercaya yang dikoleksi oleh "Ripley's Believe It or Not!."


10. Crooked House, Sopot, Polandia


r10poland


Dibangun pada tahun 2003, Desain Gedung Bengkok ini  dibuat oleh seniman Polandia Jan Marcin Szancer dan ilustrator buku anak Per Dahlberg.

No comments:

Post a Comment