Saturday, May 26, 2012

Taman Central Park yang Luas di New York-USA


 

Taman Kota merupakan kebutuhan bagi warga kota. Program Green city atau kota hijau telah menjadi paradigma pembangunan perkotaan dengan tujuan utama melindungi ekosistem, dan mempromosikan penghematan energi. Green city telah menjadi paradigma pembangunan kota-kota internasional sekaligus daya tarik kota. Semua negara di dunia berlomba-lomba membuat kota hijau yang mampu memberikan kondisi pemukiman sehat bagi penduduk kota sekaligus perlindungan bagi ekosistem.

Kebutuhan terhadap taman kota sangat penting keberadaannya karena bisa memberikan nilai positif terhadap produktivitas warga dalam kegiatan sehari-hari. Secara psikologis kehadiran taman kota mampu meredam kerasnya kehidupan kota, sekaligus memberikan kesegaran roh dan jiwa.   


Salah satu taman kota paling terkenal di dunia adalah taman umum New York, Central Park. Taman seluas 3,4 kilometer persegi itu telah menjadi contoh keharmonisan antara lingkungan dengan gedung-gedung bertingkat kota New York. Taman yang dibangun pada 1859 itu menjadi taman terfavorit di Amerika Serikat dan inspirasi bagi rancangan taman kota di seluruh dunia. 

Central Park New York city, NY 5


Central Park New York city, NY 7






File:Prendergast Maurice In Central Park New York 1900-03.jpg


















No comments:

Post a Comment