Sunday, June 3, 2012

Kota San Jose ibukota Silicon Valley yang Berkembang Pesat




Silicon Valley atau lembah Silikon adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay AreaCalifornia Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San JoseSanta ClaraSunnyvalePalo Alto, dll.
Perusahaan-perusahaan yang sekarang menghuni Lembah Silikon, di antara lain adalah: Adobe SystemsApple ComputerCisco SystemseBayGoogleHewlett-PackardIntel, dan Yahoo!.

Silicon Valley nampak diapit pegunungan

Lho.. mengapa di Silicon Valley perusahaan IT berkembang pesat..? Ternyata banyaknya pesaing yaitu sesama pengembang IT menyebabkan pertumbuhan bisnis IT semakin cepat. Mereka dapat mengetahui info-info dan trend pasar IT dengan cepat. Disana juga disediakan aplikasi-aplikasi yang memungkinkan pertukaran informasi antara satu dengan yang lainnya.
Selain hal-hal di atas, Silicon Valley dihuni oleh komunitas-komunitas pengembang IT. Venture capital (penanam modal) pun siap menggelontorkan dananya untuk ide-ide ‘gila’ dalam pengembangan IT.

San Jose City ibukota Silicon Valley-Wikipedia


Berikutnya beliau pun beranjak dari Silicon Valley ke Stanford University. Sejarahnya, universitas yang didirikan oleh Stanford ini dibangun demi majunya ilmu pengetahuan di dunia. Mengapa beliau punya ide seperti itu..? Berawal dari kematian anaknya akibat penyakit yang tidak ada obatnya waktu itu, atas dasar itu beliau berpaham bahwa ilmu pengetahuan harus lebih maju dan harus terus maju agar semua persoalan dapat ditemukan solusinya. 
Kawasan industri di Silicon Valley




Greater Silicon Valley map - santacruz.winecountry.com



thenokiablog.com

Dan kini, Stanford dihuni oleh orang-orang dengan kreatifitas tinggi dan juga pekerja keras.
Lantas, apa hubungannya dengan Silicon Valley..? Ternyata pada Stanford University ini terdapat ruangan-ruangan yang dibangun atas kerjasama pihak Stanford dengan perusahaan di Silicon Valley. Tujuannya adalah demi kepentingan riset di bidang IT. Dan konon kabarnya disana terdapat juga Bakrie Room.
southbay.apwa.net


Bangunan untuk hunian dan perkantoran ,inc.com


Kegiatan  di Silicon Valley yang nampak selalu sibuk ,gigaom.com


Silicon Valley di malam hari - victusspiritus.com
    Sumber : Wikipedia dan lain lain 

No comments:

Post a Comment