Thursday, July 19, 2012

Konsep Desain Kompetisi Masjid Kubus Miring di Turki



Perusahaan Konsultan perencanaan Manco Architects di Istambul Turki telah mengajukan gambar desain mereka ke 'conceptual Design Competition on Mosque Architecture', yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Kayseri, Turki. Dengan mempertahankan prinsip "a single large volume" ,komponen utama dari kubah diganti dengan  bentuk ikon alternatif - sebuah kubus miring.

Pintu Masuk 



Prespektif dari samping yang menunjukkan arah depan masjid yang berorientasi ke Mekkah 
Perlakuan miring interior meluas ke luar, membagi plot ke dalam dua Bagian dengan nilai yang berbeda. Yang paling tinggi dari dua bagian ini  diakomodasi ruang tambahan untuk Jum'atan , lebaran dan doa untuk jenazah. Daerah wudhu terletak di bawah masjid untuk memungkinkan akses langsung ke area sholat. Air juga membantu dalam memfasilitasi sinar matahari alami untuk memasuki masjid, serta ventilasi silang yang dapat memberikan kesejukan ke seluruh ruangan.
 Interior View
Interior View 

'Ka'bah', tempat suci agama islam dimana semua umat muslim bergiliran selama beribadah, dilambangkan oleh kubus polos, yang menggambarkan kesederhanaan dan kerendahan hati yang dianjurkan untuk muslim.ini titik awal dari massa kubik miring ini untuk menghasilkan rencana persegi panjang untuk masjid. Perubahan itu juga dipengaruhi oleh gerakan membungkuk dan sujud, dari tempat shalat miring doa irisan ke podium turun ke arah Ka'bah. Dari : xarch87

konsep desain 

Diagram Penyinaran alami dari sinar matahari dan arah ventilasi angin


Rencana Keseluruhan

Floor plan / level 0

 
Floor plan / level +2.30

Floor plan / level +4.00





Klien:Kayseri Metropolitan Municipality
Tipe Proyek :Public / Social
Status Proyek :Unbuilt
Lokasi:Kayseri / Turkey
Luas Area:1.210 m²
Jenis Pekerjaan:Architectural Design
Desain:Aytaç Manço, Ali Manço
Tim Desain :Zuhtu Usta, Gufran Baykal
Awards:World Architecture Community 8th Cycle 20+10+X Award 

No comments:

Post a Comment