Wednesday, July 4, 2012

Pemenang Kompetisi Perluasan Airport City di Incheon-Korsel

590511_192572_274
Dalam kompetisi desain perluasan bandara Internasional Incheon untuk Terminal Penumpang 2 di Korea Selatan, yang diikuti beberapa calon peserta  telah dimenangkan oleh Arsitek & Perencana Heerim. 

Bandara merupakan pintu depan untuk sebuah bangsa, seperti stasiun kereta api di kota besar saat era industri. Desain bandara mencerminkan  ikonik dan simbolik bangsa Korea. Tim Heerim mengidentifikasi Phoenix sebagai ikon yang membangkitkan sejarah Korea dan ambisi masa depan reunifikasi.
Atap seluas 30 hektar ini dirancang sebagai sistem energi aktif, "atap yang bernapas " dengan ambisi untuk mengubah  energi matahari potensial menjadi listrik ramah lingkungan yang menjadi aset lingkungan bandara yang positif. Tujuan umum dari desain bagi pengguna adalah menjadikan  bandara sebagai tempat yang nyaman, indah, fungsional dan membanggakan bagi kota tersebut. 

Geometri mengalir dari sistem grid-shell  struktur ini yang dapat dilihat melalui saringan cahaya di atap.Kerangka bangunan berbentuk optimal dan menyediakan kereta gantung untuk sirkulasi  arus penumpang sekaligus membentuk ekspresi simbolik sayap burung. 

Fasad minimal yag nampak adalah  kereta gantung  dan dinding kaca untuk pencahayaan yang murah alami dan view yang luas serta pertimbangan keberadaan energi yang berkelanjutan dalam bentuk optimalisasi transmisi energi melalui atap dengan tetap  mempertahankan pandangan yang jelas ke arah  pesawat, landasan pacu dan pemandangan sekitarnya.

20110624_airport_en




Desain 

Arsitek utama : Arsitek & Perencana Heerim (Seoul) bekerja sama dengan Arsitek Mooyoung dan Engineer (Seoul) dan Gensler (Los Angeles)
Struktural desain dan canopi: HDA | Hugh Dutton Associés (Paris)
Insinyur: Thornton Tomasetti (New York)
Konsultan: Consulting Engineers IBE, Landrum dan Brown, Lea + Elliott, Sap Group, BNP Associates

Airport Incheon saat ini


Incheon yang sebagai airport city dan berhasil meraih penghargaan sebagai bandara terbaik 10 besar di dunia selama tujuh tahun berturut-turut. Keberhasilan Incheon tentunya tak lepas dari keberhasilan IIAC sebagai pengelola bandaranya. Berikut ini urutan penilaian tahun 2012

1st Incheon International Airport
2nd Singapore Changi Airport
3rd Hong Kong International Airport
4th Amsterdam Schiphol
5th Beijing Capital International Airport
6th Munich Airport
7th Zurich Airport
8th Kuala Lumpur International Airport
9th Vancouver International Airport*
10th Central Japan International Airport in Nagoya

Selain sebagai bandara terbaik di dunia, Incheon juga menjadi bandara tersibuk kedua dalam urusan angkutan kargo.











Sumber :http://thedesignair.wordpress.com


evisaasia.com



mahalo.com



e-architect.co.uk

No comments:

Post a Comment