Sunday, July 29, 2012

Rumah Tradisional Indonesia,"Go International"




Bangunan khas Mediterrania pernah menjadi mode tren bangunan tropis. Saat ini beberapa resor dan rumah peristirahatan masih banyak menyenangi model rumah tropis tradisional yang ditata menyatu dengan alam sekitarnya yang indah. Ada suatu pendapat, keindahan alam tidak dapat dinikmati dengan sempurna apabila tidak ada resor atau rumah peristirahatan yang direncanakan dengan baik untuk tempat menikmati keindahan tersebut.Jadi kalau anda wisata ke Hawaii,Tahiti dan ke Australia jangan kaget kalau resor yang anda tinggali sebenarnya dari negeri sendiri. 







Desain resor di pantai dengan model rumah tradisional Bale-Balemaker.com




Randy & Phyllis Residence Kauai 2007 2008

Proses pembuatan rumah Bale di Bali Barat


Kapoho Hawaii Hse Proj 2007
Bangunan Bale yang dibangun di Kapoho-Hawaii 


hawaii tropical house plans, hawaii pre-fab house, hawaii knock-down houses, hawaii wooden house, hawaii tropical house
Furnitur dan rumah bangunan Bale yang di ekspor ke Kapoho-Big Island, Hawaii
Bila anda berminat untuk memesan untuk rumah pribadi dan resor silahkan hubungi :
alamat
Tabanan, Bali, Indonesia
Contact Person
Mr Peter J Delahunty (QAQC Arsitek)


Email: sales (at) balemaker.com
Jenis Produksi :
Desain Arsitektur & Industri Dari Rumah Kayu Prefabricated modular & paviliun


Saat ini Mengekspor Untuk
Hawaii, Tahiti, Pasifik, N Australia.



model rumah Kayu produk Manado


Rumah adat Minahasa

Rumah adat tradisional Minahasa yang dikenal dengan sebutan Wale atau Bale, yang artinya tempat melakukan aktivitas dalam kehidupan berkeluarga. Berlandaskan filosofi masyarakat Minahasa, Rumah Panggung Manado atau Rumah Minahasa yang berasal dari Desa Woloan, memiliki dua tangga di serambi depan. 

Tangga di kiri dan kanan bagian depan rumah itu berperan khusus saat terjadi pinangan secara adat. Pihak lelaki yang hendak meminang si gadis yang tinggal di rumah itu, harus masuk ke rumah dengan menaiki tangga yang kiri. Jika kita melihat keluarga si lelaki keluar dari rumah dengan menuruni tangga yang kanan, itu artinya pinangan mereka diterima oleh tuan rumah. 

Sebaliknya, jika mereka turun melewati tangga yang kiri lagi, yang mereka pakai untuk naik ke rumah panggung itu, artinya pinangan mereka ditolak pihak tuan rumah.
Ciri utama rumah tradisional ini berupa Rumah Panggung dengan 16 sampai 18 tiang penyangga.


Yang pertama kali mempoluperkan rumah panggung Minahasa yang memakai sistem bongkar pasang (knock down system) adalah Paulus Tiow, warga Woloan, tahun 1942 silam. Ide membuat rumah ini terurai setelah rumah adat Minahasa miliknya dibeli oleh seorang serdadu Jepang.  Sejak saat itu Paulus mulai memproduksi rumah adat Minahasa untuk dijual. Jejak Paulus kemudian diikuti oleh Beting Motulo.

Pemasaran rumah adat ini berkembang antara tahun 1960 sampai dengan 1980, tapi masih sebatas daerah Minahasa saja. Baru setelah di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta berdiri rumah adat Minahasa pada tahun 1980an, pesanan dari beberapa orang dari pulau Jawa dan luar negeri mulai berdatangan.  Bahan baku utama dari Rumah Adat ini terdiri atas, kayu besi untuk rangka, kayu nyantoh untuk lantai, plafon dan kayu cempaka untuk dinding.

Saat ini pesanan rumah kayu panggung Manado datang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Rumah Panggung kayu Manado dewasa ini bisa berfungsi sebagai tempat tinggal, sebagai villa, cottage, gazebo, restauran. Anda juga bisa memberikan rumah ini sebagai hadiah kepada orang yang anda cintai, apakah itu dalam bentuk Gazebo, Rumah Panggung, Cottage, Bungalow atau Rumah Villa melalui paket peti kemas yang dikirimkan dari desa Woloan, Kabupaten Minahasa. dasri : sulutlink.com



Keunikan Rumah Panggung Manado
1) Arsitektur traditional namun exotic
2) Simbol keunikan dan prestise seseorang
3) Bersifat knock-down
4) Konstruksi yang kuat dan tahan gempa
5) Tahan sampai ratusan tahun
6) Semua material dari kayu
7) Proses pembuatan yang relatif cepat
8) Material kayu Sulawesi yang kuat
9) Dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi lain yang anda sukai


Bila anda berminat beli rumah Panggung Manado Di Jakarta Rumah Terbuat Dari Kayu Besi Kualitas Terbaik . Hub Sms Nicky 0819877228







No comments:

Post a Comment