Saturday, August 4, 2012

Konsep Bangunan Kathedral Terinspirasi Lipatan Kertas di Kota Strasbourg, Perancis


Bangunan kathedral merupakan fasilitas umum untuk umat agama Nasrani. Keberadaannya dapat memberikan nilai tersendiri bagi kota apabila di desain dengan nuansa lain dan dapat menjadi landmark kota. Keindahan desain tidak hanya untuk acara keagamaan, pernikahan dsbnya tetapi juga dapat menjadi obyek wisata minimal sebagai background pemotretan bagi seluruh pengunjung termasuk umat agama yang lain.(admin) 


Desainer atau arsitek berdiri netral untuk merencana elemen kota yang dimenangkan melalui sayembara yang dipilih wakil masyarakat. 

Pada saat diundang untuk mengajukan proposal untuk sebuah katedral baru untuk kota Strasbourg di Prancis, tim desain Axis Mundi mengadakan dialog bersama tentang  warisan Gothic kota. Bangunan 2.322 m2 yang  terdiri dari rangkaian dilipat dalam bentuk lengkungan kubah  dari katedral Gothic. Proposal ini memiliki karakteristik desain yang baik ,halus dan dramatis yang bersama-sama menciptakan tempat ibadah baru yang kontemporer.

Referensi untuk layout kanonik dan ikonografi arsitektur klasik dilakukan melalui interpretasi ideografik dari lengkunganElemen-elemen beton yang dirancang untuk membuat  cahaya luas untuk interior. Sebuah relief abstrak digital dari sebuah katedral Gothic terletak di bagian dari fa├žade timur yang akan memperlihatkan sinar matahari pagi memantulkan  bayangan pada dinding eksterior. 

Lengkungan dibuat sama disamping kanan kiri lantai ":Cross Latin" . Sebuah jalan masuk yang lebih rendah berfungsi untuk mengarahkan  pengunjung ke katedral. Mimbar dibuat model abstraksi dari Katedral Gothic dan terdiri dari salib/ Cross Latin , dengan nave panjang untuk pengunjung gereja, lengan melintang disebut transept untuk paduan suara, mimbar atau pastoran.
Pengunjung masuk melalui jalan dibawah tanah untuk memberi kesan merasa kecil di
mata Tuhan pada saat akan beribadah 

Bentuk bangunan seperti lipatan kertas raksasa sangat akrab dengan keseharian, memberikan kesan  monumental , kontemporer dan modern, sangat kontras dengan bangunan di sekitarnya 


No comments:

Post a Comment