Tuesday, August 14, 2012

Kota Industri Khusus Untuk Perempuan di Arab Saudi


Gerbang pintu masuk kota Hofuf, provinsi Al Ahsa, Arab Saudi 
Di Indonesia ada Gerbong KA khusus untuk perempuan, kalau di Arab Saudi ada Kota khusus perempuan. Arab Sudi saat ini sedang mengundang investor asing dengan membuka KAEC (King Abdullah Economic City) seluas 168 juta m2. Negara ini juga mulai terbuka untuk memberi kesempatan wanita bekerja, sebelumnya telah mengirim kan atlit wanita berlaga di Olimpiade 2012. Raja Abdulah juga telah mengumumkan bahwa perempuan akan diperbolehkan memilih dalam pemilihan lokal 2015. 
Kesempatan wanita mengembangkan karirnya tersebut akan didapatkan di kota Hufuf di arah timur kota Riyadh. Kota ini diharapkan menjadi kota pertama dari sejumlah kota perempuan yang akan didirikan di kerajaan itu. Pihak kerajaan Arab Saudi sudah merestui pembangunan "kota perempuan" yang akan beroperasi tahun 2013. 

ilustrasi rencana wanita bekerja di kota industri Hofuf - wowkeren.com
Tujuan pembangunan kota itu adalah memberi ruang bagi kaum perempuan untuk bekerja dan meraih kemandirian finansial yang lebih besar, tetapi tetap dengan pemisahan gender.Sejumlah proposal telah diajukan untuk 4 kota industri yang khusus untuk para perempuan yang menjadi pengusaha, pemimpin industri, dan karyawan.Penerapan hukum Islam yang ketat, menyebabkan pemisahan gender terjadi di Arab Saudi. Sementara itu, tenaga kerja perempuan di Arab Saudi mencapai 15 persen, dan hampir semuanya bekerja di tempat-tempat khusus perempuan. 

Meskipun demikian, tempat kerja yang menerima karyawan perempuan dan lelaki terus bertambah, meskipun jumlahnya makin sedikit.Otoritas Properti Industri Saudi (Modon), yang membangun kota perempuan di Hofuf, mengatakan, pihaknya berharap kota itu dibuka tahun depan. Rencana itu sudah mendapat persetujuan dari kerajaan.Kota industri itu didesain "untuk perempuan pekerja dalam lingkungan dan kondisi pekerjaan yang sesuai privasi perempuan, yang sejalan dengan panduan dan tata cara Islam", kata Modon dalam pernyataannya.

Kota itu diharapkan menciptakan hampir 5.000 lapangan pekerjaan di bidang tekstil, farmasi, dan pengolahan makanan, yang semuanya dikelola perempuan."Saya yakin kaum perempuan bisa menunjukkan efisiensi mereka dalam banyak aspek dan mencerahkan dunia industri yang terbaik sesuai kepentingan, sifat, dan kemampuan mereka," kata Saleh al-Rashid, Deputi Direktur Jenderal Modon.Menurut harian bisnis Al Eqtisadiah, proposal proyek kota perempuan itu diajukan oleh sekelompok perempuan pebisnis Saudi. 

Surat kabar itu mengutip salah satu pencetus idenya, Hussa al-Aun, "Kota industri yang baru ini seharusnya memiliki pusat pelatihan khusus untuk membantu kaum perempuan mengembangkan talenta dan melatih mereka menjadi pekerja di pabrik-pabrik. Ini penting untuk memangkas tingkat pengangguran di antara para perempuan sarjana.

 
Kota Hufuf




 Sarah Attar saat mulai bertanding pada babak penyisihan lari 800m putri di Stadion Olympic, London, Rabu (8/8).  (Lucy Nicholson/Reuters)Atlit Lari Sarah Attar (berjilbab) wakil dari Arab Saudi di Stadion Olympiade London 2012


Desain" Sudair industrial cities "salah satu yang dikembangkan oleh Modon (The Saudi Industrial Property Authority).
Saat ini Modon (The Saudi Industrial Property Authority).telah membangun 22 Kawasan Industri dan pada tahun 2015 akan membangun 40 kota Industri (constructionweekonline.).Arab Saudi optimis mengembangan ekonomi masa kini yang tidak tergantung pada sumber daya minyak dan kedatangan jamaah haji dan umroh merupakan potensi promosi dan potensi yang mewakili konsumen dari berbagai negara. Setiap tahun ada lebih dari enam juta orang berkunjung ke Makkah untuk Haji dan Umrah. 

No comments:

Post a Comment