Tuesday, December 4, 2012

Masterplan "The Green Campus" ITB di Walini, Jawa Barat



Dalam masa seratus tahun setelah berdirinya pada 1920, ITB pada 2020 adalah “ITB baru”. Kampus ITB Walini yang terletak di Km 108 tol Cipularang, diposisikan mewakili karakteristik “ITB Baru” tidak ditujukan untuk menjawab tantangan jangka pendek. Secara spesifik, ditinjau dari aspek akademik, Kampus ITB Walini diprioritaskan untuk pengembangan bidang ilmu yang bersifat maju, terdepan, dan multidisiplin (advanced, frontier, & multidisciplinary) sesuai dengan tantangan global yang semakin kompleks.

Sejalan pula dengan upaya mewujudkan ITB sebagai simpul jaringan kerjasama nasional maupun internasional, ITB mewujudkan visi akademiknya tidak terbatas di dalam kampus Jl. Ganesha No. 10, Bandung, atau ON-G campus

Dalam upaya menguatkan jaringan kerjasama dengan berbagai potensi eksternal (nasional dan internasional) guna mewujudkan visi masa depan ITB, kegiatan untuk mewujudkan visi akademik ITB penting pula diselenggarakan di luar kampus Jl. Ganesha No. 10, Bandung, atau OFF-G campus, dengan tetap bertumpu pada kaidah-kaidah normatif yang dianut oleh institut, yang secara keseluruhan untuk kepentingan terwujudnya sasaran misi ITB.

Perkembangan ITB di luar Ganesha (OFF-G) yang telah menjadi rencana jangka pendek dan panjang mencakup Kampus ITB Jatinangor, Kampus ITB Bekasi, dan Kampus ITB Walini, dimana masing-masing kampus diharapkan memiliki peran dan karakteristik yang menjawab tantangan dana sekaligus mewujudkan cita-cita ITB.


Sementara ini, pengembangan bidang ilmu yang bersifat multidisiplin di ITB belum cukup berkembang dengan baik, sehingga ITB perlu mencurahkan perhatian lebih besar lagi.
Disisi lain dewasa ini telah dapat diamati perkembangan bidang ilmu yang bersifat multidisiplin di negara maju yang "fruitfull", baik dari sisi pengembangan teori maupun dari aspek aplikasinya. Berbagai macam perkembangan sains dan teknologi yang bersifat multidisiplin muncul dan memberikan pengaruh pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup manusia tanpa harus mengurangi fungsi-fungsi lingkungan hidup.

Potensi pengembangan bidang yang bersifat multidisiplin masih sangat terbuka luas, dan diperkirakan akan memberikan dampak dan sumbangan yang lebih berarti pada masyarakat. Berbagai universitas maju telah mengembangkan bidang ilmu yang bersifat advanced, frontier dan multidisiplin.
Pengembangan ilmu dan riset multidisiplin ini diyakini akan memberikan peluang lebih besar bagi ITB dalam berkontribusi bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. ITB diharapkan memimpin dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang bersifat advanced, frontier & multidisciplinary. 







Lima fokus pengembangan akademik Kampus ITB Walini.






Tahapan ITB menuju WCU (World Class University) 2010-2025








Lebih lengkap bisa dibaca di : http://dc401.4shared.com/doc/grZMksgk/preview.html

No comments:

Post a Comment